Mungkin bagi Anda yang saat ini tengah sibuk melamar pekerjaan bagi fresh garduate ke
sana kemari sangat perlu untuk mempersiapkan segala hal dengan
sebaik-baiknya. Dimulai dari sejumlah berkas untuk melamar kerja seperti
surat lamaran pekerjaan, CV, dan beberapa dokumen pelengkap lainnya
yang pastinya bisa memberikan nilai plus bagi Anda yang akan melamar pekerjaan
pada kesempatan kali
ini saya akan membahas materi tentang tips dan persyaratan untuk melamar dan
pada akhirnya mendapat pekerjaan
sebelum makan jangan
lupa mengucapkan bismillah dan sesudahnya alhamdulillah
sounds like sebelum menjalankan
hal hal yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan jangan lupa untuk
menghidari hal hal yang justru akan membuat lamaran anda gagal
lupa merapihkan
rambut, datang terlambat pada saat wawancara, pakaian kurang sopan, surat surat
tidak lengkap bersikap terlalu berlebihan
menuntut fasilitas kantor diawal, berbicara terlalu sengak adalah hal
hal yang akan membuat presentasi di awal melamar kerja anda gagal
so control
your mind to be able control you
Persyaratan yang
harus dipersiapkan
1. Surat Lamaran
Kerja
Surat lamaran kerja
bisa disebut first impression (kesan pertama) karena isi yg anda buat
didalamnya akan mencerminkan kepribadian anda. Personalia biasanya bisa melihat
dari isi tulisan Surat Lamaran Kerja bisa terlihat tipe orang yang membuatnya.
Maka, ketika anda menulis Surat Lamaran Kerja, tuliskan maksud dan tujuan anda
ke perusahaan itu.
Ketika menulis Surat
Lamaran Kerja, diusahakan isinya adalah darimana informasi lowongan pekerjaan
ini anda dapatkan, kemudian lowongan apa yang anda lamar, kemudian tuliskan
juga pekerjaan anda saat ini, tuliskan pula lulusan sekolah mana dan jangan
lupa masukan pula IPK anda ( jika anda sudah lulus kuliah ). Di paragrap
terakhir tuliskan pengharapan anda untuk bisa join / bergabung dengan
perusahaan tersebut.
tips lainnya dalam
menulis Surat Lamaran kerja
Menggunakan Bahasa
Indonesia yang Baik dan Benar
Struktur Surat
Lamaran Kerja
Singkat, Padat,
Informatif dan Tepat Sasaran
Beri Tanda Tangan
Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Surat Lamaran Kerja
Harus Bersih dan rapih
2. CV atau Resume
kerja
Dokumen kedua adalah
CV ( Curriculum Vitae ) atau Resume Kerja. CV merupakan sebuah keterangan
mengenai detail anda, seperti "Data Pribadi", "Pengalaman
Kerja","Latar Belakang Pendidikan" dan yang lainnya, Usahakan
informasi detail diatas dituliskan di dalam dokumen CV agar pihak management
perusahaan mengetaui sejauh mana kualifikasi dan keahlian anda. Sehingga anda
layak untuk diterima di perusahaan yang anda lamar berdasarkan isi CV anda.
3.Supporting Dokumen
- Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir
Sebaiknya Anda telah
mempersiapkan fotocopy ijazah atau sertifikat keahlian yang sudah dilegalisir
lengkap dengan transkrip nilainya, hal ini sebagai penunjang dari Curriculum
Vitae yang Anda isi. Untuk itu ketika melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian
usahakan dibuat agak banyak karena sering diperlukan dalam dokumen kelengkapan
persyaratan melamar pekerjaan.
- Fotokopy KTP
Perhatikan apakah
masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku
KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering
dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada
surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP
- Pasfoto
Biasanya instansi
yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti
ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu
sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat
foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita,
kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak
ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih
dengan ukuran seperti tersebut di atas.
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau dulu
dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen
yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan
juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah
6 bulan.
- Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya
persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen
tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada
instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.
- Kartu Kuning (AK-1)
Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1)
yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib
dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini
berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila
pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor
dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan
pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun, Untuk itu diusahakan
mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans
4.Buatlah Presentasi
Jika memungkinkan,
buatlah Surat Lamaran dan CV secara presentasi sehingga anda akan terlihat
profesional dalam bidang keahlian anda. Ini adalah salah satu cara untuk
membuat sebuah keunikan lamaran pekerjaan dan tentunya jarang sekali orang
membuatnya. Mungkin anda bisa mencobanya dan siapa tahu anda akan memperoleh
pekerjaan yang anda impikan.
Demikian Hal hal yang harus dipersiapkan sebelum anda memulai melamar pekerjaan. Semoga Bermaanfaat :D
0 Response to "Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan"
Post a Comment